MANFAATKAN TEKNOLOGI RFID CARD, SMKN 1 JENAR BERINOVASI DALAM SISTEM ABSENSI SISWA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Pencatatan daftar hadir siswa merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan kedisplinan. Informasi mengenai kehadiran seorang siswa dapat menentukan prestasi siswa dan kemajuan sekolah. Awal semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dimulai pada tanggal 3 Januari 2022. SMK Negeri 1 Jenar membuat inovasi teknologi pada sistem presensi siswa menggunakan RFID Card pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di sekolah. Alat pencatatan daftar hadir siswa ini sangat diperlukan dalam upaya mengurangi penggunaan kertas (paperless). Selain itu input daftar hadir secara manual juga bisa terjadi kesalahan dan sedikit merepotkan dalam pembuatan rekap kehadiran siswa maupun pengelolaannya.

Tujuan dari sistem presensi dengan menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) adalah untuk menggantikan peran kertas dan tinta untuk merekam kehadiran siswa serta mempermudah petugas absensi dalam penginputan data yang praktis karena dapat mengambil dan menyimpan data absensi dari RFID secara langsung. Selain itu penggunaan RFID Card juga mempermudah dalam pelaporan absensi kepada wali kelas, BK, dan kurikulum.

Pada pelaksanaannya, masing-masing siswa diberikan RFID Card secara gratis. Pencetakan RFID Card dikelola sendiri oleh Unit Produksi Multimedia SMK Negeri 1 Jenar. Mulai tanggal 3 januari 2022 siswa SMK Negeri 1 Jenar melakukan absen setiap masuk dan pulang sekolah dengan cara menempelkan RFID Card pada alat absensi yang berada di dekat pintu masuk sekolah. Sejauh ini, kegiatan absensi menggunakan RFID Card berjalan tertib dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu menjaga jarak ketika antri saat menempelkan RFID Card. Siswa terlihat sangat antusias dalam menjalankan absen dengan sistem baru ini. Terobosan ini dilakukan demi memaksimalkan teknologi dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Jenar sekalipun dalam keadaan pandemi. (N1NJApers)

 

 

 

 

LAYANAN ALUMNI SMKN 1 JENAR

Alumni SMK Negeri 1 Jenar

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.